BPPKAD
BPPKAD
Berita  

Yuyus Waluyo Sebut Sejumlah Manfaat Infrastruktur Jalan bagi Masyarakat Desa Hutan

Example 120x600

BLORA, (beritaku.net) – Ketua Komisi B DPRD Blora, Yuyus Waluyo menyebut manfaat infrastruktur jalan bagi masyarakat desa hutan sangat signifikan.

Sehingga perlu adanya gotong royong antar masyarakat untuk membangun infrastruktur jalan di desa-desa yang masuk kategori sebagai desa hutan.

Apalagi gotong royonmerupakan istilah Indonesia untuk bekerja bersama-sama untuk mencapai
suatu hasil yang didambakan.

Istilah ini berasal dari kata bahasa Jawa ‘gotong’ yang berarti ‘mengangkat’ dan ‘royong’ yang berarti ‘bersama’.

Budaya gotong-royong yang merupakan ciri bangsa Indonesia perlu dipertahankan. Hal ini merupakan bentuk nyata solidaritas sosial dalam
kehidupan masyarakat.

Setiap warga masyarakat memiliki hak saling membantu dan bekerja sama.

“Jadi, gotong royong memiliki pengertian sebagai bentuk ‘partisipasi aktif’ setiap individu (dalam kelompok masyarakat) untuk ikut terlibat dalam memberi nilai tambah atau positif kepada setiap obyek, permasalahan, atau kebutuhan orang banyak di sekelingnya,” kata dia berdasarkan keterangan tertulisnya, Minggu (21/5/2023).

Namun saat ini, budaya gotong royong kental akan nuansa pedesaan, di mana hanya orang-orang yang tinggal di desa sajalah yang masih
melaksanakannya.

“Padahal, di manapun kita tinggal bersama sebuah masyarakat, kita perlu menjaga nilai-nilai yang ada dalam budaya gotong royong,” ucap dia.

Demikian juga dengan lintas sektoral ,masyarakat Desa Getas, Tlogotuwung, Gempol telah menanamkan semangat gotong royong.

Pengusaha angkutan gotong royong (saweran) untuk memperbaiki ruas jalan Getas- Tlogotuwung- Gempol.

Jalan yang memadai jelas dapat membuka peluang baru untuk pengembangan ekonomi di Desa Hutan.

Baca Juga :  Relawan Plat K Dukung Ahmad Luthfi Maju Pilkada Jateng

Menurutnya, masyarakat dapat mengembangkan sektor pariwisata, pertanian, dan industri lainnya dengan lebih baik jika memiliki akses yang baik ke pasar dan manfaat Infrastruktur jalan bagi Masyarakat Desa Hutan Sangat Signifikan.

“Terutama manfaatnya pada pembangunan ekonomi dan aksesibilitas transportasi, infrastruktur jalan yang baik akan meningkatkan aksesibilitas bagi Masyarakat Desa Hutan,” terang dia.

“Ini memungkinkan mereka untuk mengakses fasilitas dan layanan penting seperti Pusat Kesehatan Masyarakat, Sekolah, Pasar, dan Transportasi Umum. Jalan yang baik juga memfasilitasi Mobilitas Barang dan Jasa, memungkinkan Pertukaran Ekonomi yang lebih efisien,” imbuh politikus Nasdem tersebut.

Desa Hutan punya potensi sumber daya alam yang signifikan, seperti hutan dan pertanian. Jalan yang baik memudahkan akses ke sumber daya ini, sehingga masyarakat dapat memanfaatkannya dengan lebih efisien, hemat waktu, hemat biaya.

banner 400x130

Tinggalkan Balasan