BPPKAD
BPPKAD
Berita  

PPSDM Migas Digeruduk 20 Tim Pemadam Kebakaran

HUT PPSDM Migas ke -57

Tim dari kabupaten ngawi menarik selang ikuti Fire Fighter Combat Chalange || Foto: beritaku.net/muji
Example 120x600

BLORA, (beritaku.net) – Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas (PPSDM Migas) yang terletak di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah ‘digeruduk’ para petugas pemadam kebakaran yang lengkap menggunakan seragam dan mobil operasionalnya.

Kedatangan para petugas pemadam kebakaran dari sejumlah kabupaten di Jawa Tengah dan Jawa Timur itu untuk mengikuti rangkaian kegiatan Latihan Gabungan dan Focus Group Discussion (FGD).

Kepala PPSDM Migas, Waskito Tunggul Nusanto mengatakan kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari Hari Ulang Tahun (HUT) PPSDM Migas yang ke-57.

“Kegiatan tersebut latihan gabungan pemadam kebakaran dimulai konvoi pemadam kebakaran dan tim BPBD dari perusahaan di sekitar Cepu dan dari kabupaten di Jawa Tengah dan Jawa Timur,” ucap Tunggul saat ditemui wartawan di Kantornya, Senin (9/1/2023).

Mereka yang terlibat dalam kegiatan tersebut antara lain tim pemadam kebakaran (damkar) dan badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Blora, Rembang, Pati, Kudus, Grobogan, Bojonegoro, Ngawi, Madiun, Tuban.

Tim Pemadam lengkap berseragam dan kendaraan kebesarannya usai konvoi diwilayah Cepu Kab. BLORA || Foto: Beritaku.net/Muji

“Peserta kurang lebih 20 tim dari damkar dan BPBD yang meliputi damkar PPSDM, Pertamina EP Cepu, Exxon Mobil, TPPI Tuban,” terang dia.

Selain memperingati HUT, tujuan dilakukannya kegiatan tersebut untuk melakukan koordinasi dan menyamakan persepsi bersama antar stakeholder terkait apabila terjadi keadaan darurat yang luar biasa.

Apabila keadaan yang darurat itu semakin berkembang, maka dapat dibantu oleh tim damkar dan BPBD di sekitarnya.

Baca Juga :  3 Rumah Ludes Dilalap si Jago Merah

Sementara terkait dengan fokus grup diskusi juga membahas tentang standar operasional prosedur terkait keadaan darurat yang luar biasa untuk dapat disepakati bersama.

“Kemudian untuk mengupdate kemampuan masing-masing dari petugas damkar dan BPBD sehingga mendapatkan informasi terkini terutama di area Blok Cepu ini karena Cepu ini sebagai penghasil migas yang sangat besar di lingkup nasional, jadi kita harus siap suatu saat dan kalau kita siap Insyallah keadaan darurat tidak akan terjadi,” jelas dia.

Dalam latihan gabungan tersebut, para petugas pemadam kebakaran dan tim tanggap darurat melakukan kegiatan fire fighter combat challenge, focus group discussion (FGD), simulasi hasil FGD, hingga fire battle.

banner 400x130

Tinggalkan Balasan