BPPKAD
BPPKAD

Peringati HUT ke-76 RI, Puluhan Pelajar SMK di Blora Lakukan Aksi Donor Darah

Example 120x600

BLORA, (beritaku.net) – Banyak cara dilakukan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI). Salah satunya dengan melakukan kegiatan donor darah.

Seperti yang dilakukan oleh sejumlah pelajar di SMK N 1 Blora. Mereka rela masuk ke sekolah untuk melakukan donor darah.

Salah seorang pelajar bernama Puput mengaku ikut mendonorkan darah untuk tujuan kemanusiaan.

“Bisa membantu orang yang membutuhkan darah,” ucapnya saat ditemui, Selasa (17/8/2021).

Menurutnya, kegiatan donor darah ini menjadi kali kedua yang diikutinya. Dia juga bilang tidak ada rasa takut lagi, seperti yang dilakukannya waktu pertama kali ikut donor darah.

“Pertama kali takut, tapi ini kedua kali jadi tidak takut lagi,” katanya sambil berbaring.

Dengan kegiatan donor darah tersebut Puput mengaku akan mengikuti kegiatan serupa untuk kedepannya.

Sebelum melakukan donor darah, ia terlebih dahulu ditimbang berat badannya, kemudian dicek tensi tubuhnya, lalu diperiksa golongan darahnya.

Dibutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk melakukan donor darah.

Tak semua pelajar berani melakukan aksi donor darah. Ada juga pelajar lain yang tiba-tiba takut untuk donor darah, sehingga memilih untuk pura-pura ke kamar kecil dan tidak kembali ke tempat donor darah.

Selain para pelajar, kegiatan bertajuk ‘Setetes Darah Begitu Berarti’ ini juga diikuti para guru dan pegawai sekolahan.

Sementara itu, Kepala SMK N 1 Blora, Miftahul Ulum mengatakan kegiatan donor darah di SMK N 1 Blora dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, dengan membawa tema SMK berbagi untuk Negeri.

Dirinya menjelaskan alasannya memilih menggelar kegiatan donor darah dalam rangka memperingati HUT ke-76 RI kali ini.

“Ya karena di masa pandemi ini kebutuhan darah cukup banyak, apalagi masyarakat ada ketakutan untuk datang ke unit transfusi darah, sehingga kami berinisiatif untuk melaksanakan donor darah di SMK N 1 Blora,” katanya.

Baca Juga :  Anggota Komisi IX DPR RI Turun Gunung Bantu Tanggani Stunting di Blora

Ulum menambahkan kegiatan donor darah yang sempat rutin dilakukan, mulai jarang dilakukan karena adanya pandemi kali ini.

“Memang karena sudah beberapa saat kita tidak melaksanakan, ada momen HUT kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus di masa pandemi ini. Sebelumnya kita ketahui pendonor sangat berkurang sekali, maka kami berinisiatif untuk melaksanakan donor darah,” jelasnya.

Ulum menilai partisipasi siswa dan pihak sekolah cukup baik. Setidaknya ada sekitar 46 siswa dan 13 guru karyawan yang ikut mendonorkan darahnya.

“Sebenarnya partisipasi anak-anak cukup baik, tetapi kita batasi karena sekaligus menjaga untuk protokol kesehatan,” terangnya.

“Harapannya ini menjadi influencer bagi masyarakat, berbagi tidak harus berupa paket sembako atau sejenisnya, tetapi sesuai dengan kemampuan kita,” imbuhnya.

Selain kegiatan donor darah, SMK N 1 Blora sempat melakukan kegiatan berbagi barang bekas pakai yang masih layak di Pasar Sido Makmur, selanjutnya memborong barang dagangan dan memberikan modal untuk alumni yang terdampak Covid-19 di Lapangan Kridosono, serta melakukan aksi penanaman pohon di Desa Temurejo.

banner 400x130

Tinggalkan Balasan