BPPKAD
BPPKAD
Berita  

Peringati HKB, BNPB Gelar Latihan Evakuasi Mandiri di Blora

Example 120x600

BLORA, (beritaku.net) – Dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelar latihan evakuasi mandiri di Desa Sumberpitu, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, pada Selasa (16/5/2023).

Direktur Pemulihan Sosial Ekonomi dan Sumber Daya Alam Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Eni Supartini mengatakan Cepu merupakan hilir dari daerah aliran sungai Bengawan Solo.

Maka pada pelaksanaan peringatan HKB tahun 2023, masyarakat dilatih kembali untuk melaksanakan kegiatan evakuasi mandiri banjir akibat luapan Bengawan Solo.

“Ada beberapa titik yang digunakan untuk latihan evakuasi, baik evakuasi orang, hewan ternak, dan didalamnya juga ada orang disabilitas yang akan dilakukan penanganan khusus”, kata dia.

Selain membunyikan kentongan sebagai bentuk peringatan dini, informasi dari BPBD maupun pemberitahuan kenaikan air Bengawan Solo yang cukup mengkhawatirkan, maka dari itu terdapat juga mobil ambulans bersirine untuk memberitahukan masyarakat agar segera mengungsi.

“Dengan latihan ini diharapkan masyarakat punya kepekaan terhadap peringatan dini, yang kedua jalur evakuasinya mereka tahu. Yang ketiga dia memahami siapa koordinator lapangannya, sehingga mereka tahu bagaimana mekanisme didalam kedaruratan”, terang dia.

Baca Juga :  Pengrajin Barongan Ketiban Berkah dengan Digelarnya Sukun Tour de Muria 'Blora Expedition' 2023

Dalam latihan tersebut turut melibatkan ratusan warga desa setempat, tokoh masyarakat, relawan, BPBD, TNI- Polri, hingga Forkompincam.

Hadir pula Komisi VIII DPR RI, Sri Wulan dan Asisten 1 bidang Pemerintahan Irfan Agustian Iswandaru mewakili Bupati Blora H Arief Rohman, Kalakhar BPBD Blora Sri Widjanarsih.

Dalam kegiatan peringatan HKB 2023 ini, juga digelar giat menanam di area pinggiran Bengawan Solo, dan pembagian sembako kepada warga yang kurang mampu.

banner 400x130

Tinggalkan Balasan