BPPKAD
BPPKAD

Gelar Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Kabupaten, Disdik Blora : Bahasa Daerah Dalam Posisi Mengkhawatirkan

Dok. Disdik Blora
Example 120x600

BLORA, beritaku.net – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Blora melalui seksi pembinaan SMP menggelar Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat Kabupaten Blora Tahun 2024.

Kegiatan yang diselenggarakan di SMPN 1 Blora, pada Kamis (3/10/2024) lalu itu dibuka oleh Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Drs. Slamet Dwi Cahyono, M.Pd.

Slamet menjelaskan menurut survei yang dilakukan oleh Badan Bahasa Kemendikbudristekdikti, bahasa daerah dalam posisi yang mengkhawatirkan, apabila tidak segera ada aksi nyata akan punah.

“Maka dalam mempertahankan jati diri bahasa ibu dengan cara diadakan lomba ini salah satu cara untuk mengembalikan bahasa daerah dalam posisi yang baik. Oleh karena itu anak-anak harus selalu mencintai bahasa daerah (Jawa) agar selalu tetap eksis,” ujar dia dikutip dari dinaspendidikan.blorakab.go.id, Jumat (18/10/2024).

Festival Tunas Bahasa Ibu bertujuan untuk meningkatkan kemahiran siswa dalam berbahasa Jawa dan kreativitas siswa dalam bersastra Jawa.

Selanjutnya, meningkatkan sikap percaya diri dan bangga siswa terhadap kekayaan budaya berupa bahasa dan sastra Jawa, serta membangun kerjasama antar sekolah di lingkungan Kabupaten Blora yang dilandasi sikap melu handarbeni dalam pengembangan, pelestarian, dan pemanfaatan bahasa dan budaya Jawa.

Baca Juga :  Daftarkan Bacaleg ke KPU Blora, Hanura Blora Targetkan 5 Kursi Dewan

Adapun Cabang Lomba FTBI yang diadakan yaitu : (1) Membaca dan Menulis Aksara Jawa (Nulis lan Maca Aksara Jawa), (2) Mendongeng (Ndongeng), (3) Berpidato (Sesorah), (4) Menulis Cerkak (Nulis Cerkak), (5) Membaca Geguritan (Maca Geguritan), (6) Nembang Macapat, (7) Komedi Tunggal (Ndhagel Ijen).

banner 400x130

Tinggalkan Balasan