BPPKAD
BPPKAD
Berita, HL  

Berkat Raih Piala Adipura, Pemkab Blora Berencana Naikkan Gaji Para Penyapu Jalan

Piala Adipura
Piala Adipura
Example 120x600

BLORA, (beritaku.net) – Pemerintah Kabupaten Blora berencana menaikkan gaji para penyapu jalan.

Kebijakan tersebut akan dilakukan sebagai bentuk apresiasi karena Blora mendapatkan piala Adipura 2023 kategori Kota Kecil Terbersih.

Bupati Blora, Arief Rohman, mengatakan kinerja para penyapu jalan perlu mendapat apresiasi. Salah satu caranya dengan menaikkan gaji para penyapu jalan.

“Saya minta Pak sekda, TAPD biar mengkaji karena kita sesuaikan perubahan anggaran sebagai bentuk apresiasi nanti coba kita naikkan soal nilainya berapa nanti kita lihat kemampuan anggaran,” ucap dia saat ditemui wartawan usai kirab piala Adipura di Alun-alun Blora, Jawa Tengah, Minggu (10/3/2024).

Tak hanya dari jajaran eksekutif, DPRD Blora selaku jajaran legislatif juga mengapresiasi kinerja para penyapu sampah yang ada di jalan-jalan.

Wakil Ketua DPRD Blora, Mustopa turut mengucapkan selamat atas perolehan piala Adipura Kabupaten Blora kategori Kota Kecil Terbersih.

Selain itu pihaknya juga mengapresiasi dari kinerja dari para petugas kebersihan.

Sekaligus menyambut baik terkait usulan kenaikan gaji mereka yang diusulkan oleh Bupati Arief Rohman.

“Kalau memang pemkab mengusulkan, insyallah kami akan menyetujui, honor yang tadi disampaikan oleh pak bupati,” terang dia.

Sekedar diketahui, Pemerintah Kabupaten Blora Kembali menerima penghargaan Anugerah Adipura 2023.

Sebuah penghargaan dari Presiden RI untuk kategori Kota Kecil Terbersih setelah melalui proses tahap penilaian panjang, yang dilakukan selama tahun 2023 dan diserahkan pada 2024 ini.

Penyerahan Penghargaan Anugerah Adipura secara langsung diserahkan oleh Wakil Presiden Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin dan didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc., untuk penghargaan Anugerah Adipura Kencana sedangkan untuk penghargaan Anugerah Adipura kota sedang dan kecil diserahkan oleh Drs. Alue Dohong, M.Sc, Ph.D Wakil Menteri Lingkungan Hidup.

Baca Juga :  2.373 Mahasiswa IAIN Lakukan KKN di 133 Desa di Blora

Untuk kabupaten Blora sendiri penghargaan diberikan oleh Drs. Alue Dohong, M.Sc, Ph.D Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan diterima oleh Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., di Auditorium Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabhakti KLHK Jakarta Pusat, Selasa (5/3/2024).

Acara penghargaan Anugerah Adipura juga dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blora, Istadi Rusmanto, ST., MM. Penghargaan Anugerah Adipura ini merupakan kali kedua selama kepemimpinan Bupati Arief Rohman.

Berdasarkan surat undangan yang dilayangkan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Direktoral Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun, tertanggal 29 Februari 2024, Kabupaten Blora menjadi salah satu kota terbersih yang pantas menerima penghargaan Anugerah adipura.

Penghargaan Anugerah Adipura ini tak lepas dari pengelolaan TPA yang dilakukan dengan sistem Sanitary landfill dimana pengolahan ini merupakan sistem pengolahan sampah menggunakan area tanah yang terbuka dan luas.

Penghargaan ini bukanlah yang kali pertama. Kabupaten Blora pernah menerima adipura pada tahun 1992, 1993, 2016, 2022 dan tahun 2023.

banner 400x130

Tinggalkan Balasan