BPPKAD
BPPKAD

BELAJAR BAHASA INGGRIS MENYENANGKAN DENGAN APLIKASI “WORDWALL”

Example 120x600

Oleh : Arimbi Nur Dewi Murti S.pd
Guru SMK Astra Mitra Purwodadi
Kabupaten Grobogan

Sebagai seorang Guru SMK, dengan usia para siswa memasuki pra dewasa merupakan tantangan tersendiri. Kemudian sebagai guru mata pelajaran Bahasa Inggris bagi mereka masih menjadi momok menjadi “pelajaran suit dan ribet”. Memberikan dukungan dan menjelaskan bahwa Bahasa Inggris itu sangat bermanfaat dan menyenangkan merupakan sebuah keharusan dan tantangan. Karena mengajar bukan soal sekedar datang ke kelas, menjelaskan, mendengarkan, mengerjakan tugas tetapi bagaimana memahami dan berinteraksi agar lebih komunikatif berbahasa Inggris. Memotivasi perserta didik untuk mengasah kepercayaan diri dan memperluas wawasan mereka adalah bagian penting dalam pembelajaran, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan mudah memahami materi, interaksi dua arah, merupakan sebuah pencapaian baik dalam proses belajar.

Apakah kita tahu, kesulitan apa yang dihadapi para siswa? Tentunya tiap siswa mengalami kesulitan masing-masing. Ada beberapa masalah seperti: Bagaimana meningkatkan motivasi belajar mereka? Apa yang harus di lakukan agar mereka semangat belajar? Bagaimana tanggapan mereka tentang metode pembelajaran yang berikan? Apakah mereka sudah menerima nya dengan baik?.

Di era teknologi yang sangat berkembang, serba “online”, serba mudah, kita tidak dapat menghindari ataupun berfikir untuk tidak mengikuti perkembangan teknologi ini,karena ini adalah respon dunia yang menunjukan perubahannya. Dan merupakan tantangan besar yang mendorong kita untuk lebih hebat dan terus bekerja keras dalam pemanfaatannya.

Dalam proses belajar guru ditantang untuk meng update diri untuk menggunakan teknologi terbaru dan kekinian sesuai perkembangan usia mereka. Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, pemilihan metode belajar harus benar-benar di pertimbangan agar materi tersampaikan dengan tepat. Guru dapat mendesain pembelajaran dengan menfaatkan beberapa media. Sebagai sarana giat belajar.

Seorang Guru yang memiliki kompetensi terhadap perkembangan dan kemajuan teknologi, maka ini menjadi sebuah keharusan yang tidak dapat kita hindari. Dengan memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin agar dapat memberikan manfaat yang luar biasa terhadap proses belajar siswa.

Kreativitas seorang guru merupakan kunci sukses untuk memberikan dukungan belajar siswa,dalam hal ini kita mengamati bagaimana teknologi dapat mempengaruhi proses belajar siswa. Siswa generasi sekarang sudah tidak gagap dalam menggunakan alat-alat teknologi seperti ponsel pintar dengan segala aplikasinya, laptop, PC, Ipad, dsb. Kita harus cermat untuk bagaimana pemanfaatan media sebagai sarana balajar yang lebih efektif. Sebagai seorang guru sangat diperlukan untuk memilah aplikasi yang sesuai dan relevan untuk dijadikan metode belajar yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan dalam proses pembelajaran, khususnya Bahasa Inggris.

Baca Juga :  Tiap Bulan Kelola Zakat PNS Sekitar 715 Juta, Baznas Blora Salurkan Bantuan Ternak Sapi dan Modal Usaha

Kami sebagai seorang guru Bahasa Asing, yang bukan merupakan bahasa “Ibu” para siswa, sangat memahami kesulitan yang di hadapi siswa. Dengan minimnya jumlah kosa kata mereka dan rendahnya motivasi mereka untuk belajar atau mencoba mencari tahu arti kosa kata sulit atau baru. Kami akan memanfaatkan penggunaan aplikasi Wordwall. Penggunaan aplikasi dengan kemasan “game” dirasa lebih efektif untuk menarik belajar siswa.

Kenapa kita harus mengunakan aplikasi ini, karena aplikasi wordwall memiliki manfaat yang besar dan memiliki nilai ke efektifan yang lebih dalam meningkatkan motivasi proses belajar antara guru dan siswa. Dapat memudahkan proses belajar dan penyampaian materi yang menyenangkan. Sehingga materi mudah untuk dipahami.

Dimana aplikasi ini terdapat berbagai bentuk jenis penyampaian materi dengan model drill atau latihan soal. Untuk saat ini jumlah template berjumlah 18 macam. Terdapat model interaktif atau bisa dicetak. Kemudian bagian paling seru adalah ada bagian mengajak berkompetisi dengan siswa lain (undang teman/ tantang teman). Terdapat bagian pengukur waktu tercepat dengan jawaban paling banyak benar. Dalam penerapan aplikasi Wordwall ini mungkin akan mengalami fase penyesuain dalam penggunakan, tetapi berjalan nya waktu aplikasi ini akan dapat di gunakan sebagaimana mesti nya dan dapat dirasakan manfaatnya. Bagi guru dan siswa aplikasi ini akan memudahkan mereka.

banner 400x130

Tinggalkan Balasan